Sabtu, 20 Juni 2020

Sepat rawa (Trichopodus trichopterus)


Secara taksonomi, ikan sepat mutiara termasuk Phylum Chordata, Kelas Actinopterygii, Ordo Perciformes, Family Osphronemidae, Genus Trichopodus,  Spesies Trichopodus trichopterus. Ikan sepat rawa memiliki sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip anal, dan sirip ekor. Sirip anal memanjang dari belakang anus sampai ke pangkal siri ekor. Mata berwarna merah, makanya di Sumatera Selatan, ikan ini dinamakan ikan sepat mata merah, Di tubuh ikan ini ada bulatan berwarna hitam di bagian tengah badan dan pangkal ekor. Warna sirip anal merah. Ikan ini hidup di rawa-rawa dengan tingkat keasaman air sangat rendah. Ikan ini menyebar di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Papua.  Ikan ini memakan berbagai jenis fitoplankton dan zooplankton, lumut, serasah tumbuhan yang membusuk. Di akuarium, ikan ini diberi pakan pellet. Ikan ini bereproduksi dengan cara bertelur. Ikan jantan membuat sarang berupa busa sebagai tempat untuk meletakkan telur. Telur ikan sepat bersifat mengapung. Alat tangkap yang banyak digunakan masyarakat untuk menangkap ikan ini adalah sengirai sepat dan bubu sepatIkan sepat ini dijadikan sebagai salah satu ikan hias air tawar Indonesia. Ikan ini sangat jinak dipelihara bersama ikan hias lain dalam akuarium Penelitian biologi dasar dan ekologi ikan ini sudah ada namun belum mengarah ke penelitian pembudidayaannya. Penelitian berbagai aspek untuk budidaya ikan ini sangat diperlukan. Ikan ini sangat prospektif dikembangkan sebagai komoditi akuakultur sebagai ikan hias. 

Pustaka:
Muslim, M., Heltonika, B., Sahusilawane, H. A., Wardani, W. W., & Rifai, R. (2020). Ikan lokal perairan tawar indonesia yang prospektif dibudidayakan.Pena Persada. Purwokerto
Muslim, M (2007) Jenis-jenis Ikan Rawa Yang Bernilai Ekonomis. MASA, 14 (1): 56-59
Yenti, R., Nofiandi, D., & Fithriyah, R. (2016). Pengaruh Variasi Konsentrasi Asam Asetat Terhadap Kuantitas Gelatin dari Kulit Ikan Sepat Rawa (Trichogaster trichopterus) Kering dan Karakterisasinya. SCIENTIA: Jurnal Farmasi dan Kesehatan, 6(1), 36-43.
Muslim, M. (2012). Perikanan rawa lebak lebung Sumatera Selatan.
Murjani, A. (2016). BUDIDAYA BEBERAPA VARIETAS IKAN SEPAT RAWA (Trichogaster trichopterus Pall) DENGAN PEMBERIAN PAKAN KOMERSIAL (SOME VARIETY AQUACULTURE THREE SPOT GORAMY (TRICHOGASTER TRICHOPTERUS PALL) WITH THE PROVISION OF COMMERCIAL FEED). Fish Scientiae, 1(2), 214-232.
Ath-thar, M. H. F., & Prakoso, V. A. (2014). PERFORMA PERTUMBUHAN IKAN SEPAT RAWA Trichopodus trichopterus (Pallas 1770) ASAL SUMATERA, JAWA, DAN KALIMANTAN. Media Akuakultur, 9(1), 1-5.
AKHMAD, M. (2009). Budidaya Ikan Sepat Rawa (Trichogaster trichopterus) Dengan Pemberian Pakan Komersil.
Supeni, E. A., & Azizah, N. (2020). STRUKTUR UKURAN PANJANG DAN BOBOT IKAN SEPAT RAWA DI PERAIRAN UMUM DARATAN KABUPATEN BANJAR. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL LINGKUNGAN LAHAN BASAH (Vol. 5, No. 1, pp. 129-133).







Tidak ada komentar:

Posting Komentar